Cara Mencegah Efek Telinga Berdengung

 MENCEGAH EFEK TELINGA BERDENGUNG SETELAH MENONTON KONSER, BERIKUT CARANYA!


Saat ini perkembangan dunia musik dan industri hiburan berjalan dengan sangat pesat. Tempat-tempat hiburan semakin bertambah dan sudah menjadi kebutuhan warga kota untuk melepaskan ketegangan dan stress. Dalam industri hiburan ini, penyajian musik yang keras merupakan menu utama yang ingin dinikmati oleh konsumen. Musik yang disajikan mesti keras bahkan kalau bisa paling keras. Penikmat musik, pekerja pada industri musik, dan pelaku musik itu sendiri bisa terkena dampak dari kerasnya suara yang terpapar pada telinga mereka.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University Medical Center Utrecht di Belanda telah menguji para partisipan penelitian yang berusia rata-rata 27 tahun untuk mendatangi sebuah festival musik di lahan terbuka. Rata-rata suara yang dihasilkan oleh konser yang berlangsung selama 4,5 jam tersebut adalah 100 dB. Dengan intensitas yang melebihi 85 dB dan telah terpapar dalam waktu lama maka kemungkinan dapat terjadi gangguan pendengaran. Biasanya telinga berdengung karena paparan suara keras seperti menghadiri konser, akan mudah hilang. Tapi tetap saja berpotensi menyebabkan kerusakan permanen.

Salah satu cara mencegah terjadinya gangguan pendengaran sesaat setelah menonton pertunjukan musik dan mengunjungi tempat dengan tingkat kebisingan tinggi adalah dengan menggunakan Ear plug. Apa itu Ear Plug?


Ear Plug adalah salah satu jenis pelindung telinga yang umumnya terbuat dari busa dan bahan sintesis lainnya, berfungsi menurunkan intensitas kebisingan suara yang masuk ke telinga apabila dipasangkan langsung pada lubang telinga. Ear Plug akan meredam kebisingan yang berlebihan yang akan merusak struktur sensitif telinga sehingga berakibat Tinnitus (suara dengung dalam telinga) atau Noise Induced Hearing Loss (NIHL). Pengunaan Ear Plug saat konser dinilai dapat mencegah terjadinya infeksi telinga.

Selain itu, terapkan cara berikut setelah mengunjungi tempat pertunjukan atau konser atau tempat bising lainnya

1. Baiknya istirahatkan telinga anda dengan      menghindari penggunaan earphone atau        headset terlalu lama dan hindari                     mendengarkan dengan volume yang keras.

2. Hindari mengunjungi tempat bising                lainnya seperti proyek dan club karaoke 

3. Bersihkan telinga anda dengan bantuan          tenaga medis untuk menghindari infeksi        lain

4. akukan pemeriksaan telinga ke Dokter            apabila memungkinkan.


Sumber : 

Anandyaputri, Irene. 2017. Perlukah memakai sumbat telinga di konser musik?. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/memakai-earplug-di-konsermusik/

Hattam, Muh. Nuruzzaman (2019) ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN PADA KONSER MUSIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?