Hidup Lebih Tenang Tanpa Rasa Cemas Akibat FOMO

 

Hidup Lebih Tenang Tanpa Rasa Cemas Akibat FOMO

 

 

Fear of Missing Out (FOMO) merupakan fenomena psikologis yang semakin marak di kehidupan serba modern seperti sekarang ini. Kondisi ini menggambarkan ketakutan melewatkan momen, pengalaman, atau aktivitas yang sedang terjadi atau populer di lingkungannya. Orang yang FOMO akan terus-menerus merasa perlu terlibat dalam segala hal agar tidak kehilangan momen atau peluang penting.

 

Gejala FOMO

1.     Menggunakan sosial media secara berlebihan

2.     Takut ditolak dan dikucilkan

3.     Terlalu berkomitmen

4.     Merasa tidak puas

 

Dampak FOMO

1.     Stres dan kecemasan

FOMO menciptakan tekanan psikologis yang mengarah pada tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Kecemasan ini dapat merusak kesehatan mental, meningkatkan tekanan darah, dan mengganggu keseimbangan emosional secara keseluruhan. Kecemasan yang terus-menerus bahkan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk menikmati hidup.

2.     Tidak fokus dan produktif

Pikiran yang terbagi-bagi antara berbagai kegiatan membuat seseorang kesulitan untuk terlibat dalam tugas atau pekerjaan tertentu sepenuhnya. Alhasil, kualitas pekerjaan dan efisiensi dapat menurun. Hal ini bisa menurunkan kinerja dan menciptakan siklus stres lebih lanjut karena tugas yang tertunda atau tidak terselesaikan.

3.     Tidak memiliki hubungan yang dalam

Seseorang mungkin kurang dapat memberikan perhatian yang diperlukan dalam interaksi sosial karena terus-menerus terpikir tentang apa yang sedang terjadi di tempat lain. Hal ini dapat menciptakan kesan bahwa hubungan tersebut hanya berdasarkan pada kehadiran fisik, tanpa koneksi emosional yang mendalam.

4.     Gangguan tidur

Pikiran yang terus-menerus terjebak dalam kekhawatiran akan ketinggalan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk rileks dan tidur nyenyak. Kesulitan tidur, insomnia, atau gangguan tidur lainnya bisa menjadi dampak negatif dari beban psikologis yang dialami orang FOMO.

 

Referensi:

Very Well Mind. Diakses pada 2024. How to Deal With FOMO in Your Life

Forbes Health. Diakses pada 2024. The Psychology Behind The Fear of Missing Out (FOMO)

The Odyssey. Diakses pada 2024. The Adverse Effects Of “FOMO”

Well and Good. Diakses pada 2024. Is FOMO a Diagnosable Mental Health Condition?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?