Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Kita semua pasti tidak asing dengan puasa. Puasa dalam bahasa artinya 'menahan diri' termasuk menahan makan dan minum. Puasa dilakukan untuk hal-hal tertentu termasuk untuk kesehatan. Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ini telah dibuktikan oleh banyak hasil penelitian. Selain itu, puasa juga diadaptasi menjadi metode diet yang efektif menurunkan berat badan, sebut saja puasa intermiten atau intermittent fasting.

Sebenarnya apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita?

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh salah satunya menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat (Istockphoto/ Simarik) Manfaat puasa yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah.Menurut hasil penelitian, menjalani puasa selama 8 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida darah sebesar 25 persen hingga 32 persen.

2. Meningkatkan metabolisme

Puasa dinilai menjadi alternatif sehat untuk membantu menurunkan berat badan karena dapat mengurangi berat badan dan kadar lemak hingga 9 persen. Beberapa penelitian menemukan, puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme serta kadar neurotransmitter norepinefrin untuk mempengaruhi penurunan berat badan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh salah satunya meningkatkan fungsi otak (iStockphoto/LightFieldStudios) Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh juga berkaitan terhadap fungsi otak yang bisa mencegah gangguan sistem saraf.

4. Bantu detoksifikasi tubuh

Dengan berpuasa, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi alami. Ketika puasa selama 12 jam lamanya, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan ataupun minuman. Hal tersebut membuat tubuh dan organ-organ lainnya beristirahat sementara waktu, serta membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh dengan sempurna. 

5. Mengontrol gula darah

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh salah satunya mengontrol gula darah iStockphoto/Noppawan Laisuan) Selama menjalani puasa, kadar glukosa darah akan mengalami penurunan sehingga tubuh kekurangan glikogen atau cadangan glukosa.

6. Meredakan peradangan

Peradangan akut yang disebabkan oleh gejala penyakit ringan atau kronis seperti kanker, jantung, dan rheumatoid arthritis, diklaim sangat membahayakan kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk mengurangi kondisi peradangan itu bisa diatasi dengan berpuasa yang menganut sistem seperti intermittent fasting atau puasa pada umumnya.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh salah satunya menurunkan berat badan dan mengurangi risiko obesitas. Berkurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh serta keinginan ngemil selama berpuasa, secara langsung berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Selain itu, puasa juga efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

8. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia merupakan salah satu jenis hormon protein yang banyak berperan dalam kesehatan tubuh Hormon protein tersebut terlibat dalam membantu pertumbuhan tubuh, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

9. Mencegah kanker

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh juga berkaitan terhadap pencegahan penyakit kanker karena berperan dalam menghambat pembentukan tumor. Bagi penderita kanker, puasa selama 72 jam sebelum pengobatan dinilai efektif meminimalkan efek samping pasca kemoterapi. Selain menekan pertumbuhan sel kanker, puasa dapat memperbaiki sel-sel stem yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat melawan kanker.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220404162849-260-780105/9-manfaat-puasa-untuk-kesehatan-tubuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?