Perlu diwaspadai 5 Tanda Gula Darah Terlalu Tinggi, dan Cara Tepat Mengatasinya

 Perlu diwaspadai 5 Tanda Gula Darah Terlalu Tinggi, dan Cara Tepat Mengatasinya


Kadar gula darah tinggi adalah kondisi yang umum terjadi pada pasien diabetes melitus. Orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memiliki kondisi ini. Namun, ternyata tidak semua orang memiliki gula darah tinggi menunjukkan tanda dan gejala yang jelas.


Berikut adalah Gejala umum dari gula darah tinggi yang perlu anda waspadai:

Selalu merasa haus dan sering buang air kecil

Ciri-ciri gula darah tinggi yang mungkin pertama kali Anda sadari pada awalnya adalah cepat haus. Haus adalah sensasi yang wajar, pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan. Namun, cepat haus dapat menjadi gejala gula darah tinggi jika tidak juga hilang meski Anda sudah banyak dan sering minum. Kelebihan gula dalam darah normalnya akan ikut terbuang bersama urine setiap kali Anda buang air kecil. Namun, glukosa yang berlebihan akan membuat urine mengental. Maka sebagai cara mengencerkan urine yang mengental, otak akan mengirimkan sinyal “rasa haus” agar Anda cepat minum.

Merasa Lelah

Gejala gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai selain merasa haus terus-menerus adalah mudah lelah. Hal ini terjadi akibat tubuh merasa kekurangan sumber energi, padahal sebenarnya tidak.

Selalu lapar, tetapi berat badan malah turun

Tidak hanya kelelahan, gejala gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan seseorang jadi cepat lapar meski baru saja makan banyak.Kelebihan gula dalam darah tidak bisa diolah tubuh menjadi energi sehingga sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi. Sel dan jaringan yang kekurangan asupan energi akan mengirimkan sinyal “lapar” ke otak agar nafsu makan Anda meningkat untuk kembali mengonsumsi makanan.

Penglihatan kabur

Gejala gangguan mata yang paling sering dirasakan orang dengan kadar gula tinggi adalah pandangan kabur. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penglihatan kabur secara sementara. Hal ini disebabkan oleh lensa mata yang membengkak. Jika gula darah dikendalikan, kemampuan penglihatan pun akan membaik.

Mulut kering

Pada orang yang memiliki gula darah tinggi, gejala mulut kering juga umum dibarengi dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan. Tingginya kadar gula darah menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal. Akibatnya, kebutuhan air liur tidak tercukupi dan menciptakan kekeringan dan masalah di mulut.


Cara mengatasi Gula Darah yang Tinggi:

Medical Check Up

Anda bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah menggunakan alat cek gula darah. Untuk mendapatkan hasil cek gula darah yang akurat, Anda bisa datang langsung ke laboratorium klinik atau rumah sakit tepercaya dan terdekat dari lokasi Anda.

Pengobatan rumahan seperti:

Minum obat dengan teratur.

Menerapkan pola makan sehat dan teratur dengan nutrisi seimbang.

Seimbangkan dengan olahraga rutin.

Pilihlah jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Lakukan cek darah rutin.


REVERENSI:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Hyperglycemia (High Blood Sugar).

Medical News Today. Diakses pada 2023. How does high blood sugar (hyperglycemia) feel?

Everyday Health. Diakses pada 2023. 10 Surprising Causes of Blood Sugar Swings.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?