Benarkah Seblak Menyebabkan Usus Buntu??

 BENARKAH SEBLAK MENYEBABKAN USUS BUNTU??



Masakan seblak merupakan makanan khas Jawa Barat. Salah satu bahan seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang direbus hingga lembek kemudian diberi bumbu yang terbuat dari cabai dan juga rempah-rempah lain. Tentunya lezat apalagi bila dimakan saat hujan. Tak heran bila makanan ini banyak dicintai oleh masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun ternyata sering mengkonsumsi mie seblak membawa dampak buruk bagi tubuh. Bahaya makan seblak untuk kesehatan tidak bisa diremehkan.


Lalu apakah benar seblak menyebabkan usus buntu?

Apabila kita memakan makanan yang tidak bisa dicerna oleh lambung seperti biji cabe, maka biji tersebut menempel atau masuk ke dalam kantong usus buntu dan tidak bisa dikeluarkan sehingga tertimbun dan memicu infeksi. Kerupuk seblak memiliki tekstur yang lembek dan kenyal, saat di makan lambung akan mencerna kerupuk tersebut sama seperti saat lambung mencerna daging yang memiliki tekstur lebih alot. Jadi memang kecil kemungkinannya kerupuk seblak dapat menyebabkan infeksi pada usus buntu. Hanya saja bila kita khawatir terhadap infeksi usus buntu karena memakan hal-hal yang pedas seperti seblak, maka pastikan kita mengunyah nya dengan benar atau lumat kemudian baru ditelan dengan demikian lambung akan terbantu dalam proses pencernaannya.

Apa yang membuat seblak ini jadi berbahaya?

Meski kelihatannya enak tapi seblak itu dapat menjadi makanan yang menyeramkan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dan terlalu terlalu sering, paling parahnya ialah seblak bisa bikin masalah yang serius pada perut kita.

Ada bahaya makan seblak yang perlu lebih diwaspadai disamping usus buntu, yaitu diare dan dampak negatif lain akibat kelebihan sodium dan karbohidrat. Sebab jika dilihat dari bahan-bahan pembuatan seblak seperti cabai atau sambal dalam jumlah yang sangat banyak, ditambah dengan garam, penyedap rasa, dan bumbu lain yang jumlah sodiumnya mungkin melebihi rekomendasi harian kita, justru lebih berbahaya. Dalam seporsi seblak, kandungan nutrisi yang dominan pun hanya karbohidrat, dan tidak ada serat maupun protein yang seimbang. Kalau dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan diare, atau dalam jangka panjang, konsumsi sodium berlebih itu bisa memicu penyakit jantung.

Penyedap rasa atau MSG, memang tidak lengkap kalau makan tanpa penyedap rasa, salah satu yang mengandung banyak MSG adalah seblak. Kebanyakan makan micin diketahui dapat memicu ketidakseimbangan kimia pada otak, sehingga ini bisa mengganggu fungsi normal organ seorang. Meski menggunakan MSG digolongkan kedalam bahan makanan yang aman, pemakaian MSG pada makanan itu masih kontroversi. Lalu apa efek mengkonsumsi MSG secara berlebihan? Mengkonsumsi MSG secara berlebihan tentu saja akan beresiko mengalami sakit kepala, kulit memerah, mual-mual, detak jantung tidak beraturan, nyeri dada hingga tubuh terasa lemas. Maka kita harus memperhatikan bentuk asupan energi kita.

Selanjutnya ialah garam, selain MSG seblak ternyata mengandung sodium yang tinggi. Seporsi jajaran seblak bisa ditaburi garam hampir setengah sendok teh garam, jika kebanyakan makan seblak dalam jangka panjang penyakit hipertensi pun bisa menghampiri. Tidak Cuma itu resiko penyakit lainnya juga bisa menyerang kita jika terlalu banyak mengonsumsi garam seperti rasa haus terus menerus, terlalu sering kencing, maag yang memburuk, hingga gangguan ginjal. Kalau hal tersebut tidak mau terjadi maka batasi konsumsi makanan dengan kandungan garam termasuk seblak.

Yang ketiga ialah kerupuk, bukan sekedar mempercantik warna kerupuk adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat seblak. Coba amati warna dan juga teksturnya, kita harus berhati-hati nih dalam mengonsumsi kerupuk dengan warna mencolok itu membuat dampak yang negatif bagi tubuh. Sebab kerupuk yang terbuat dari bahan tapioka itu dianggap tidak mengandung banyak nutrisi, mengkonsumsi kerupuk secara berlebihan juga tidak membuat kita lebih sehat.

Yang terakhir adalah rendah vitamin dan mineral, sebelum ketagihan dengan enaknya Seblak. Kita juga perlu tahu jika seblak mengandung rendah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, bahkan mineral didalam tubuh juga bisa hilang, yang paling seram adalah minyak pada seblak yang berlebihan itu sangat mudah untuk memicu kolesterol naik. Jangan sampai hanya karena makanan enaknya yang tidak seberapa malah tersiksa dengan kadar kolestrol.

Jadi kita sudah mengetahui kan, apa saja bahaya makan seblak. Boleh kok, sesekali makan seblak tapi jangan menjadikan seblak sebagai makanan utama kamu. Lebih baik perbanyak asupan sayur dan buah yang tentunya baik untuk tubuh kamu. Ingat keseringan makan seblak bisa mengancam kesehatanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?