Kenali Gejala Cacingan Didalam Tubuh dan Cara Pencegahannya

 Mengenali penyebab cacingan di tubuh dan cara mencegah cacingan

Kebersihan yang tidak terjaga atau lingkungan yang kotor masih menjadi salah satu faktor utama penyebab cacingan, terutama di daerah dengan sanitasi yang buruk. Kendati demikian, penyebab cacingan bisa berbeda-beda pada tiap orang, tergantung dari jenis cacing apa yang masuk ke dalam tubuh.


Berikut adalah beberapa jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan pada manusia:

1.Cacing pita

   Cacing pita atau Cestoda dapat dikenali           dari bentuknya yang tampak seperti pita,       yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh     tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa             dapat mencapai 25 meter dan dapat                 bertahan hidup selama 30 tahun.

   Selain itu, cacing pita juga dapat masuk           melalui konsumsi makanan atau                       minuman  yang sudah terkontaminasi             telur cacing. Konsumsi daging babi, sapi,         atau ikan yang mentah atau dimasak               kurang matang juga dapat menyebabkan       masuknya cacing pita ke dalam tubuh             manusia.

 2. Cacing tambang

     Cacing tambang dewasa dengan panjang       sekitar 5–13 milimeter dan larva cacing           tambang (cacing tambang yang baru               menetas) dapat menembus kulit,                       misalnya melalui telapak kaki yang tidak       menggunakan alas, kemudian masuk ke         sirkulasi darah dan ikut terbawa ke                 dalam paru-paru dan tenggorokan.

     Cacing tambang bisa masuk ke dalam             tubuh melalui kontak fisik, yakni ketika         seseorang menyentuh atau menginjak             tanah yang mengandung larva dan                   cacing  tambang dewasa. Selain itu,                 infeksi cacing tambang juga bisa terjadi         melalui makanan atau minuman yang             sudah tercemar telur dan larva cacing ini.

3. Cacing kremi

    Cacing kremi berwarna putih dan halus,        dengan panjang sekitar 5–13 milimeter.          Infeksi cacing kremi paling banyak                  dialami oleh anak-anak usia sekolah.

Infeksi cacing kremi umumnya terjadi  ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi parasit tersebut. Selain itu, penularan cacing kremi juga bisa melalui tangan yang kotor dan jarang dicuci.

Tips mencegah masuknya cacing kedalam tubuh seperti:

1. Cuci tangan secara teratur, terutama                setelah buang air, mengganti popok bayi,        sebelum memasak, dan sebelum makan.

2. Simpan daging mentah dan ikan dengan         baik, kemudian masak hingga matang.

3. Cuci buah dan sayur dengan benar                  sebelum dikonsumsi.

4. Berikan obat cacing untuk binatang                peliharaan, seperti kucing dan anjing,              secara berkala.

5. Hindari berjalan tanpa alas kaki dan                menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung      tangan.

6. Gunting kuku secara teratur dan hindari        menggigit


Sumber :  https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-lalu-cegah-penyakit-cacingan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?