Mengulik Korelasi Hipertensi-Depresi

 MENGULIK KORELASI HIPERTENSI-DEPRESI


Hipertensi adalah penyebab utama kematian dengan terjadinya stroke, infark miokard dan gagal ginjal. Berbagai faktor risiko hipertensi termasuk genetik, ras, usia, jenis kelamin,merokok, obesitas, dan psikologis stres dan faktor-faktor yang menyebabkan kambuhnya hipertensi antara lain ditekankan. 

Hipertensi dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya gangguan psikologis. Faktor gangguan psikologis berupa kecemasan, stres, dan depresi sangat berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah, kondisi emosional yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Efek stres dapat merangsang kelenjar anak ginjal atau adrenal untuk mengeluarkan hormon adrenalin. Adrenalin akan bekerja dalam memacu denyut jantung lebih cepat dan berdampak terhadap peningkatan tekanan darah dan gangguan emosional. Hal ini disebabkan karena pada usia tua diperlukan keadaan darah yang meningkat untuk mempompakan sejumlah darah ke otakdan alat vital lainnya, pada usia tua pembuluh darah sudah mulai melemah dan dinding pembuluh darah sudah menebal. Depresi Pada Kejadian Hipertensi Depresi salah satu gangguan mood, dimana terjadi perubahan kondisi emosional, motivasi, fungsi, dan perilaku moto rik, serta kognitif pada diri seseorang. 

Bagi penderita hipertensi agar dapat mengontrol gangguan psikologis terutama yang dapat memicu kecemasan, stres, dan depresi sebaiknya berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, bermeditasi, serta rekreasi agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan nyaman.

Sumber :

Nirantranon, W., & Srisa-ard, B. A Model of Effective Competency in Health and Physical Education Teacher Development in Small Schools in Educational Service Area Office of Udonthani 1.

Who. 2019. hypertension

Rahajeng, E.2009. Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia. Jakarta

Healthy Tadulako Journal (Adhar Arifuddin, A.Fahira Nur )

Journal psikologi (Indahrya Suistyarini)

Analisis Pengaruh Faktor Stres Terhadap Kekambuhan Penderita Hipertensi Di Puskesmas Bendosari Sukoharjo ( Abi MuhlisinP , Ryan Adi Laksono)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?