Manfaat Si Kecil Chia Seed

 Manfaat Si Kecil Chia Seed



      Chia atau chia seed merupakan salah satu bahan alam dengan potensi kesehatan, yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan produk pangan fungsional. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Guatemala. Biji chia mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, dan mineral. Biji chia juga mengandung asam lemak omega 3 (asam linolenat).

   Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di Indonesia mulai mengenal chia seed sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Chia seed mengandung serat, protein, dan omega-3 yang tinggi, sehingga membuatnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chia seed secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung.

       Chia seed kaya asam alfa-linolenat (ALA), sejenis asam lemak omega-3 yang ditemukan di banyak makanan nabati. Pada 2013, sebuah studi in-vitro yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biokimia menemukan bahwa ALA membantu membatasi pertumbuhan sel kanker payudara dan leher rahim.Para peneliti menemukan bahwa senyawa mampu melawan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat normal dalam tubuh. Sementara penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui implikasi yang lebih dalam dari ALA pada jenis kanker lainnya.Penemuan ini menjadi kabar bagus untuk wanita yang berjuang melawan kanker payudara dan leher rahim. Penemuan ini juga membuat chia seed berpotensi menjadi makanan penangkal kanker.

Daftar Pustaka

Hernandez, L.M. 2012. Gum Form Chia Seeds (Salvia hispanica): Microstructure, Physico- Chemical Characterization and Application Universidad Catolica de Chile, 120h.

Zhou, D. 2012. Seed Germination Performance and Mucilage Production of Sweet Basil . Master of Science in Horticulture at Virginia Polytechnic Institute and State University.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRISTAL ADA DI URINE, KOK BISA?